Pages

Sabtu, 29 September 2012

Pengertian Surat Penagihan



    Surat Penagihan

Surat penagihan adalah surat yang dibuat oleh penjual kepada pembeli berisi peringatan agar pembeli membayar utangnya yang sudah lewat dari tanggal jatuh tempo atau tidak sesuai dengan perjanjian.
Penulisan surat penagihan hendaknya dilakukan dengan hati – hati dan bijaksana dengan mempergunakan kata – kata yang sopan. Pihak penjual atau kreditur harus mengetahui alasan debitur tidak membayar hutangnya tepat pada waktunya mungkin disebabkan pembeli lupa, kesulitan dalam hal keuangan, atau mendapatkan musibah yang menimpa dirinya.
Surat penagihan hendaknya memperlihatkan tujuan yang pasti, tetapi dengan tindakan yang hati – hati dalam memperingatkan agar mendapatkan hasil dalam penagihan serta tidak sampai merusak hubungan baik. Tujuan penagihan bukan semata – mata mendapatkan uang, melainkan untuk mempertahankan hubungan baik dengan pihak pembeli.
                                                      
Hal hal yang perlu dikemukakan dalam surat penagihan adalah sebagai berikut :
1.      Menyebutkan jangka waktu pembayaran yang sudah berlalu.
2.      Besar tunggakan yang harus dibayar/dilunasi.
3.      Tanggal transaksi dan No. Faktur yang sudah berlalu.
4.      Cara pengiriman atau pembayaran uang yang diinginkan oleh pembeli.
5.      Menyebutkan hal lain, berupa peringatan atau ancaman (bila perlu).
Pengiriman surat penagihan dapat dilakukan beberapa tahap, yaitu sebagai berikut :
1.      Surat penagihan pertama, berisi peringatan kepada pelanggan akan suatu kewajiban yang telah jatuh tempo  lewat pada waktunya.
2.      Surat penagihan kedua agak lebih tegas dari yang pertama.
3.      Surat penagihan ketiga dengan melampirkan surat tagihan 1 dan 2 dan isinya menegaskan dan disertai dengan peringatan yang keras kapan pembeli dapat melunasi tunggakan, kreditur akan menagih melalui ikkaso bank.
4.      Surat penagihan keempat merupakan peringatan terakhir dengan nada yang lebih keras, yaitu berupa ancaman kepada debitur akan mengadukan kepada pihak yang berwajib.

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 

contoh - contoh surat niaga. Copyright 2012 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Free Blogger Templates Converted into Blogger Template by Bloganol dot com