Pages

Sabtu, 29 September 2012

Pengertian Surat Permintaan Penawaran



      Surat Permintaan Penawaran

Surat permintaan perusahaan adalah surat yang dibuat oleh calon pembeli yang dikirimkan kepada penjual yang isinya tentang permintaan informasi mengenai harga, syarat jual beli, dan katalog dari barang atau jasa tertentu yang dibutuhkan.
Surat permintaan penawaran merupakan tahap awal dari proses terjadinya transaksi bisnis, karena ketika calon pembeli meminta keterangan mengenai barang dan jasa yang akan dibeli, maka akan repon dari penjual untuk menerangkan hal – hal apa yang ingin diketahui oleh calon pembeli.
Surat permintaan penawaran dibuat dalam bahasa yang sederhana tetapi isinya harus jelas agar penjual mengetahui secara pasti, apa yang diinginkan oleh calon pembeli.
Langkah – langkah yang perlu diperhatikan dalam menyusun surat permintaan penawaran adalah sebagai berikut :
a.       Menetapkan lebih dulu jenis barang apakah yang diperlukan.
b.      Menentukan kapan barang tersebut diperlukan.
c.       Menanyakan syarat pembayaran dan syarat penyerahan barang.
d.      Menanyakan pemberian potongan harga.
e.       Meminta informasi bagaimana cara pengiriman barang.
f.       Menanyakan apa yang diperlukan untuk melengkapi surat permintaan itu.
g.      Menanyakan kemudahan yang diperoleh pembeli seperti service gratis, garansi dan layanan purna jual (after sales service)
h.      Menanyakan layanan jasa yang dapat diberikan oleh penjual.
i.        Meminta daftar harga,  leaflet, brosur, katalog, sampel, atau monster barang yang akan dibutuhkan.
                                                               


1 komentar:

NURIYANDI on 21 Maret 2016 pukul 17.00 mengatakan...

sangat membantu.. thanks

Posting Komentar

Followers

 

contoh - contoh surat niaga. Copyright 2012 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Free Blogger Templates Converted into Blogger Template by Bloganol dot com