Surat
Permintaan Penawaran
Surat
permintaan perusahaan adalah surat yang dibuat oleh calon pembeli yang
dikirimkan kepada penjual yang isinya tentang permintaan informasi mengenai
harga, syarat jual beli, dan katalog dari barang atau jasa tertentu yang
dibutuhkan.
Surat
permintaan penawaran merupakan tahap awal dari proses terjadinya transaksi
bisnis, karena ketika calon pembeli meminta keterangan mengenai barang dan jasa
yang akan dibeli, maka akan repon dari penjual untuk menerangkan hal – hal apa
yang ingin diketahui oleh calon pembeli.
Surat
permintaan penawaran dibuat dalam bahasa yang sederhana tetapi isinya harus
jelas agar penjual mengetahui secara pasti, apa yang diinginkan oleh calon
pembeli.
Langkah
– langkah yang perlu diperhatikan dalam menyusun surat permintaan penawaran
adalah sebagai berikut :
a. Menetapkan
lebih dulu jenis barang apakah yang diperlukan.
b. Menentukan
kapan barang tersebut diperlukan.
c. Menanyakan
syarat pembayaran dan syarat penyerahan barang.
d. Menanyakan
pemberian potongan harga.
e. Meminta
informasi bagaimana cara pengiriman barang.
f. Menanyakan
apa yang diperlukan untuk melengkapi surat permintaan itu.
g. Menanyakan
kemudahan yang diperoleh pembeli seperti service gratis, garansi dan layanan
purna jual (after sales service)
h. Menanyakan
layanan jasa yang dapat diberikan oleh penjual.
i.
Meminta daftar harga, leaflet, brosur, katalog, sampel, atau monster
barang yang akan dibutuhkan.
1 komentar:
sangat membantu.. thanks
Posting Komentar